Pembelajaran Al-Quran Pada Peserta Didik Tunarungu Di SMPLB Negeri Pembina Aceh Tamiang Tahun Ajaran 2019/2020

Ghiffari, Muhammad (2020) Pembelajaran Al-Quran Pada Peserta Didik Tunarungu Di SMPLB Negeri Pembina Aceh Tamiang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Mhd GHIFFARI af sidang_2.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Al-Quran pada peserta didik adalah aspek yang harus dikembangkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi mengenai Pembelajaran Al-Quran pada peserta didik tunarungu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru PAI dan Kepala Sekolah, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode dalam pembelajaran AlQuran pada peserta didik tunarungu di SMPLB Negeri Pembina Aceh Tamiang yaitu: metode ceramah, metode drill, metode resitasi, an metode abjad jari. Adapun evaluasi pembelajaran Al-Quran yaitu: evaluasi harian dan tes formatif. Sedangkan faktor pendukung diantaranya tenaga pengajar yang profesional, dukungan dari keluarga peserta didik, dan sarana prasarana yang baik. Faktor penghambat diantaranya, dari dalam yaitu: keterbatasan peserta didik, motivasi belajar yang kurang, dan perbedaan daya tangkap peserta didik, dari luar yaitu: perencanaan pembelajaran yang tidak sesuai dengan kondisi fisik peserta didik, minimnya media pembelajaran, keterbatasan tenaga pendidik dan keterbatasan waktu. Usaha pemecahan hambatan diantaranya: menyederhanakan materi, kreatif,, kerjasama antar pendidik, merancang menjadi lebih ringan, memberi motivasi, dan bimbingan individual.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Jan 2021 13:48
Last Modified: 23 Jan 2021 09:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10551

Actions (login required)

View Item View Item