Strategi komunikasi politik Tim kampanye presiden Jokoqi-Ma'ruf dalam meraih dukungan umat islam pada Pemilu 2019 di Sumatera Utara

Idris, Muhammad (2020) Strategi komunikasi politik Tim kampanye presiden Jokoqi-Ma'ruf dalam meraih dukungan umat islam pada Pemilu 2019 di Sumatera Utara. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Disertasi M. Idris.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Strategi Komunikasi Politik Tim Kampanye Presiden Jokowi-Ma’ruf Dalam Meraih Dukungan Umat Islam Pada Pemilu 2019 Di Sumatera Utara. Teori Komunikasi yang digunakan Model NewComb dan Formula Lasswell. Sumber data primer yaitu dari Tim Kampanye Daerah Sumatera Utara (sebagai informan kunci) dan masyarakat pemilih (sebagai informan utama), sedangkan data skunder (pendukung) bersumber dari buku, dokumen, jurnal, artikel, wibesite KPU, dan lain-lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Sesuai dengan jenis penelitian kualitatif yang menekankan teknik informan dengan metode Purposive Sampling, dimana peneliti menentukan pengambilan sample dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian. Untuk mengetahui respon masyarakat pemilih terhadap strategi tim kampanye dan capres pilihannya, disebarkan angket kepada masyarakat pemilih presiden Jokowi-Ma’ruf Amin yang terdapat di Kota Medan, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Simalungun, dan Kabupaten Tapanuli Tengah. Daerah Kabupaten/kota tersebut dianggap reprentatif wilayah Sumut karena keragaman suku, budaya, dan agama ada di dalamnya. Hasil penelitian menunjukkan, pola komunikasi yang dilakukan tim kampanye presiden Jokowi-Ma’ruf di Sumatera Utara dilakukan dengan komunikasi langsung lewat pertemuan-pertemuan terbatas dan kunjungan door to door dengan masyarakat. Kemudian Pola Komunikasi tidak langsung dengan menggunakan media massa konvensional, media sosial, dan media luar ruang. Menajemen Komunikasi yang dilakukan tim kampanye dengan melakukan pemetaan wilayah pemilih, konsolidasi tim kampanye, pendekatan tokoh agama, dan penyampaian program kerja. Dari hasil survey menunjukkan hasil bahwa, penyampaian program kerja pembangunan inprastruktur pada masa kampanye mendapat respon positif masyarakat pemilih. Kampanye melalui pendekatan dan pelibatan tokoh agama dianggap menarik simpati masyarakat. Umumnya responden pemilih Jokowi-Ma’ruf tertarik melihat program kerja dan sosok capres.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Startegi Komunikasi Politik, Tim Kampanye, Respon Pemilih
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.2 Politik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jan 2021 05:39
Last Modified: 19 Jan 2021 05:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10533

Actions (login required)

View Item View Item