Analisis Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dalam Pengentasan Kemiskinan di Desa Selotong Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam

Kurniawan, Abdul (2020) Analisis Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dalam Pengentasan Kemiskinan di Desa Selotong Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI (ABDUL KURNIAWAN).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Desa Selotong adalah salah satu desa yang terletak di Kec. Secanggang Kab. Langkat. Dengan memiliki jumlah penduduk sebanyak 4.616 jiwa yang terbagi dalam 1.546 KK dan mata pencaharian utama masyarakatnya yaitu nelayan mencapai 50%, petani 40%, lain-lain 10%. Desa Selotong salah satu desa yang masyarakatnya banyak menerima bantuan PKH dan BPNT. Bantuan ini adalah untuk masyarakat miskin. Dengan angka penerimaan bantuan mulai tahun 2016 berjumlah 353 KK sampai tahun 2020 sudah berjumlah 372 KK. Ini menandakan permasalahan kemiskinan masih tinggi. Dengan meningkatnya jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ini, menandakan bahwa ada permasalahan dalam pengentasan kemiskinan di desa tersebut. Bahwasanya orang yang menerima PKH dan BPNT belum merasakan kesejahteraan sebagaimana mestinya. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Responden penelitian ini adalah pihak pemerintahan Desa Selotong dan masyarakat penerima bantuan PKH dan BPNT berjumlah 12 (sepuluh) orang. Wawancara dilakukan bersifat santai dan tidak rumit, pertanyaan yang diajukan juga tidak bersifat mengintrogasi melainkan hanya untuk memperoleh data yang diinginkan guna menyelesaikan penulisan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas PKH dan BPNT dalam mengentaskan kemiskinan di Desa Selotong berjalan tidak efektif. Hal ini dikarenakan program bantuan PKH dan BPNT masih ditemukan kurang tepatnya sasaran penerima bantuan untuk masyarakat miskin. Karena hasil penelitian yang didapatkan antara realisasi penerima PKH dan BPNT dengan target penerima PKH dan BPNT adalah masih banyaknya masyarakat miskin atau target penerima PKH dan BPNT daripada masyarakat miskin yang sudah menerima atau realiasasi penerima PKH dan BPNT.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, kesejahteraan masyarakat, efektivitas, PKH dan BPNT, perspektif ekonomi Islam
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jan 2021 05:06
Last Modified: 19 Jan 2021 05:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10530

Actions (login required)

View Item View Item