Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 134416 Tanjungbalai

Prayuda, Ayub (2020) Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 134416 Tanjungbalai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AYUB PRAYUDA-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk1) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa setelah menggunakan Media Interaktif Animasi, 2) Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media interaktif animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di SD 134416 Tanjungbalai, 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh media interaktif animasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di SD 134416 Tanjungbalai. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental desain (non equivalent control group design). Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 64 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pretest dan postest. Teknik analisi data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian diperoleh bahwa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran langsung adalah dengan nilai rata – rata 71,61. Hasil belajar pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media interaktif animasi adalah dengan nilai rata – rata 79,15. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,944 > 2,000 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini membuktikan media interaktif animasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 134416 Kota Tanjungbalai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif Animasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:38
Last Modified: 19 Jan 2021 04:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10528

Actions (login required)

View Item View Item