Pengaruh Profitabilitas Dan Invesment Opportunity Set terhadap Kebijakan Dividen (Studi Kasus pada Perusahaan Manufakturing) Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018

Ramadhan, Dimas (2020) Pengaruh Profitabilitas Dan Invesment Opportunity Set terhadap Kebijakan Dividen (Studi Kasus pada Perusahaan Manufakturing) Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi Dimas Ramadhan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Profitabilitas dan Investment Opportunity Set terhadap Kebijakan Dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah naiknya tingkat pembayaran dividen perusahaan yang diikuti dengan penurunan profitabilitas dan meningkatnya investment opportunity set perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014 s/d 2018 dan sampel yang digunakan adalah perusahaan yang membagikan dividennya selama tahun 2014 s/d 2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda di mana Profitabilitas yang diproksikan dengan return on equity dan Invesment Opportunity Set sebagai variabel independen dan kebijakan dividen yang diproksikan dengan dividend payout ratio sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan sebesar 2,670 dengan tingkat signifikan sebesar 0,009 terhadap kebijakan dividen. Sedangkan investment opportunity set tidak berpengaruh signifikan sebesar -0,096 dengan tingkat signifikan sebesar 0,923 terhadap kebijakan dividen. Secara simultan Profitabilitas dan Investment Opportunity Set berpengaruh terhadap kebijakan dividen sebesar 3,666 dengan tingkat signifikan 0,029. Sedangkan dari hasil koefisien determinan (R2 ) menunjukkan pengaruh Profitabilitas dan Investment Opportunity Set berpengaruh sebesar 0,64 terhadap kebijakan dividen. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 64% kebijakan dividen dipengaruhi profitabilitas dan investment opportunity set. Sedangkan sisanya 36% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Jan 2021 02:54
Last Modified: 18 Jan 2021 02:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10517

Actions (login required)

View Item View Item