Hubungan Postur Kerja dan Faktor Individu Dengan Keluhan Musculoskeletal DisordersPada Pekerja Nelayan Di Desa Nenassiam Kecamatan Medang Deras

Sari, Maya Inda (2020) Hubungan Postur Kerja dan Faktor Individu Dengan Keluhan Musculoskeletal DisordersPada Pekerja Nelayan Di Desa Nenassiam Kecamatan Medang Deras. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI, MAYA INDA SARI, ILMU KESEHATAN MASYARAKAT.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyakit akibat kerja yang dapat muncul sewaktu-waktu dan sering diabaikan oleh mayoritas pekerja informal adalah Musculoskeletal Disorders. Keluhan musculoskeletal merupakan keluhan yang berada pada bagian otot skeletal atau otot rangka yang dirasakan oleh seseorang mulai dari keluhan sangat ringan hingga sangat sakit yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti postur kerja, umur, lama kerja, kebiasaan merokok, dan kebiasaan olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara postur kerja dan faktor individu dengan keluhan Musculoskeletal Disorder pada pekerja nelayan di desa nenassiam. Penelitian ini menggunakan Cross Sectional, responden penelitian nelayan dengan 93 sampel, pengumpulan data menggunakan kuesioner NBM. Analisis bivariate dengan uji Chi Square. Responden merasakan keluhan Musculoskeletal kategori tinggi sebanyak 49 responden (52,7%) dan keluhan kategori rendah sebanyak 44 responden (47,3%). Responden yang berumur >35 tahun lebih banyak dengan jumlah 63 responden (67,7%). Responden yang bekerja >8 jam sebanyak 55 responden (59,1%). Responden yang memiliki kebiasaan merokok 84 responden (90,3%). Dan responden yang tidak memiliki kebiasaan olahraga 60 responden (64,5%). Ada hubungan antara umur dengan keluhan MSDs p= 0,000 < 0,05. Ada hubungan antara lama kerja dengan keluhan MSDs p= 0,020< 0,05. Tidak ada hubungan antara kebiasaan merokok (p= 1,000) dan olahraga (p= 0,96) dengan keluhan MSDs karena p > 0,05.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Musculoskeletal Disorder; postur kerja; faktor individu
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Jan 2021 07:36
Last Modified: 15 Jan 2021 07:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10506

Actions (login required)

View Item View Item