Hubungan Karakteristik, Pengetahuan, dan Sikap Dengan Tindakan Tidak Aman Pekerja Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di PTPN IV Kebun Bah Jambi

Pangestu, Ajeng (2020) Hubungan Karakteristik, Pengetahuan, dan Sikap Dengan Tindakan Tidak Aman Pekerja Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di PTPN IV Kebun Bah Jambi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
BISMILLAH, SKRIPSI AJENG PANGESTU FKM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan kerja yaitu faktor manusia. Yang dimana kecelakaan kerja lebih sering terjadi disebabkan oleh tindakan tidak aman seseorang. Tindakan tidak aman atau disebut juga dengan (unsafe action) merupakan tindakan yang dapat membahayakan pekerja itu sendiri maupun orang lain yang nantinya akan menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja. Tindakan seseorang di dasari oleh karakteristik, pengetahuan serta sikap yang dimiliki. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan karakteristik, pengetahuan, dan sikap dengan tindakan tidak aman pekerja pabrik pengolahan kelapa sawit. Jenis penelitian ini kuantitatif yaitu dengan survei analitik. Menggunakan desain penelitian cross sectional. Pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 81 orang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dengan tindakan tidak aman (P- value 0.000), Namun tidak terdapat hubungan antara umur (P- value 1.000), tingkat pendidikan (p-value 0.159), masa kerja (P-value 0.768) dan pengetahuan (P-value 1.000).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tindakan Tidak Aman, Karakteristik, Pengetahuan, Sikap.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 612 Human physiology
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Jan 2021 06:23
Last Modified: 15 Jan 2021 06:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10505

Actions (login required)

View Item View Item