Pengaruh Implementasi Makerspace Terhadap Minat Kunjung Pemustaka Di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Nasution, Raudatul Husna (2020) Pengaruh Implementasi Makerspace Terhadap Minat Kunjung Pemustaka Di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RAUDAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi makerspace terhadap minat kunjung pemustaka di perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Sampel dalam penelitian ini diambil dari mahasiswa yang berkunjung ke perpustakaan sebanyak 2 kali dalam seminggu dengan jumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu data-data numberik (angka) yang diolah dengan metode statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makerspace yang ada di perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara masih berkonsep Space Co-Working yaitu pemanfaatan ruangan. Antara Space Co-Working yang terdapat di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara ruang digital, tempat diskusi, pojok literasi, tempat koleksi buku baru dan tempat baca. Manakala minat kunjung pemustaka dari jumlah keseluruhan mahasiswa dihitung 3,2% perhari yaitu masih terhitung sedikit. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 2,3108 pada taraf signifikan 5%. Jika dibandingkan dengan ttabel dengan dk 28 sebesar 2,3108 maka nilai thitung> ttabel atau 2,3108 > 0,316 yang berarti hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara implementasi makerspace terhadap minat kunjung pemustaka Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Makerspace, Minat Kunjung, Pemustaka, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Perpustakaan > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Jan 2021 05:20
Last Modified: 21 Jan 2021 04:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10501

Actions (login required)

View Item View Item