Program Keagamaan Sebagai Terapi Dalam Upaya Meningkatkan Self Concept Korban Penyalahgunaan Narkoba Pada Masa Pemulihan Di Yayasan Datuk Etam Tanjung Morawa

Lubis, Fitria El Afifah (2020) Program Keagamaan Sebagai Terapi Dalam Upaya Meningkatkan Self Concept Korban Penyalahgunaan Narkoba Pada Masa Pemulihan Di Yayasan Datuk Etam Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JADI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program keagamaan merupakan sebuah program yang disusun berdasarkan kegiatan keagamaan yang diambil dari sumber-sumber Islam yaitu Al-Qur’an dan Hadist. Program keagamaan di Indonesia sendiri bukanlah suatu hal yang bersifat baru, melainkan suatu program yang sudah sering diterapkan baik dalam lingkungan pendidikan maupun lingkungan sosial masyarakat. Hal ini disebabkan budaya untuk mengamalkan nilai-nilai agama dalam proses pendidikan maupun pembinaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program keagamaan seperti apa yang dijadikan sebagai terapi yang dilakukan oleh konselor agama untuk perbaikan konsep diri residen dan bagaimana pelaksanaannya terhadap residen yang mengalami kecanduan narkoba di Yayasan Datuk Etam apakah terdapat hambatan yang dialami oleh konselor dalam menjalankan program keagamaan tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapatnya perubahan didalam diri residen yaitu mereka mampu untuk mengaplikasikan program keagamaan yang dilaksanakan selama menjalani proses rehabilitasi di Yayasan Datuk Etam dalam kehidupan seharihari mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan wawancara dan observasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Jan 2021 17:17
Last Modified: 13 Jan 2021 17:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10463

Actions (login required)

View Item View Item