Analisis Upaya Peningkatan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Kantor SAMSAT Panyabungan)

Siregar, Zul Efriansyah (2020) Analisis Upaya Peningkatan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Kantor SAMSAT Panyabungan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ekonomi islam 2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan negara yang besar, sehingga digunakan untuk melaksanakan pembanguna bagi seluruh rakyat Indonesia. Pajak dipungut dari warga negara Indonesia dan menjadi salah satu kewajiban yang dapat dipaksakan penagihannya. Salah satu jenis pajak daerah yang penerimaannya cukup besar adalah pajak kendaraan bermotor. Pajak kendaraan bermotor merupakan pajak jenis pajak provinsi yang mana dalam pelaksanaan pemungutannya dilakukan di Kantor unit SAMSAT. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan penerimaan pahak kendaraan bermotor untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan upaya yang dilakukan kantor SAMSAT Panyabungan untuk meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pendukung dalam meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah yaitu, adanya kerjasama yang dilakuka oleh pihak SAMSAT Panyabungan dengan pihak-pihak terkait seperti Satlantas Panyabungan. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah yaitu, tingkat kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan, keadaan ekonomi masyarakat. Adapun upaya yang dilakukan SAMSAT dalam meningkatkan penerimaan pajak kendaraaan bermotor untukmeningkatkan Pendapatan Asli Daerah adalah melakukan sosialisasi, memberikan surat panggilan kepada wajib pajak yang menunggak, melakukan razia, mekanisme pelayanan yang cepat sehingga wajib pajak tidak menunggu terlalu lama.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Jan 2021 13:48
Last Modified: 13 Jan 2021 13:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10449

Actions (login required)

View Item View Item