Peran Ibu Rumah Tangga Terhadap Daya Tahan Ekonomi Keluarga Nelayan (Studi Kasus Kecamatan Kualuh Leidong Kabupaten Labuhan Batu Utara)

Sari, Ratna (2019) Peran Ibu Rumah Tangga Terhadap Daya Tahan Ekonomi Keluarga Nelayan (Studi Kasus Kecamatan Kualuh Leidong Kabupaten Labuhan Batu Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RATNA SARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dengan pembimbing I Chuzaimah Batu bara, Dr. MA dan pembimbing II Neila Susanti, MS. Skripsi ini berjudul “Peran Ibu Rumah Tangga Terhadap Daya Tahan Ekonomi Keluarga Nelayan (Studi Kasus Kecamatan Kualuh Leidong Kabupaten Labuhan Batu Utara)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ibu rumah tangga terhadap daya tahan ekonomi keluarga. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana peran ibu rumah tangga dalam memenuhi dan meningkatkan daya tahan ekonomi keluarga, bagaimana dampak peran ganda ibu rumah tangga terhadap ketahanan ekonomi rumah tangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis dengan pola deduktif yang diambil dari pernyataan yang bersifat umum lalu ditarik kesimpulan yang besifat khusus sehingga diketahui hasil dari bagaimana peran ibu rumah tangga dan bagaimana dampak peran ganda ibu rumah tangga terhadap daya tahan ekonomi keluarga.Teknik pengumpulan data berasal dari wawancara kepada kepala lorong sebagai informan dan delapan orang ibu rumah tangga yang bekerja, observasi dan dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa peran ibu rumah tangga di Tanjung Leidong dalam membantu ekonomi keluarga dalam berbagai pekerjaan yang dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Kegiatan yang dilakukan ibu rumah tangga dalam bekerja mendapatkan penghasilan yang berbeda-beda tergantung pada jenis pekerjaan mereka masing-masing. Kemudian terkait dampak peran ganda ibu rumah tangga yang bekerja dapat membantu mencari nafkah untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, seperti sandang, pangan, papan dan pendidikan. Disisi lain ada dampak yang dirasakan oleh ibu rumah tangga yang bekerja di sektor publik yaitu beban psikologis seperti jenuh dan lelah

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Jan 2021 13:34
Last Modified: 13 Jan 2021 13:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10447

Actions (login required)

View Item View Item