Pemetaan Akar Masalah terhadap Partisipasi Preventif Promotif Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS) di Puskesmas Teladan

Larasati, Widya (2020) Pemetaan Akar Masalah terhadap Partisipasi Preventif Promotif Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS) di Puskesmas Teladan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WIDYA LARASATI FINISH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kejadian Hipertensi merupakan salah satu penyumbang angka kematian tertinggi di Indonesia yaitu sebesar 24,7%. Untuk menangani hal tersebut pemerintah membentuk suatu kegiatan yang dilakukan guna mencegah tekanan darah meningkat yaitu dengan kegiatan PROLANIS. Partisipasi peserta dalam mengikuti kegiatan PROLANIS merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap besaran Kapitasi Berbasis pemenuhan Komitmen (KBK) yanng akan di bayarkan oleh BPJS kepada Puskesmas. Di Puskesmas Teladan capaian rasio peserta rutin berkunjung adalah sebesar 23,6% sedangkan target capaian yang telah ditentukan adalah minimal 50% setiap bulan. Sehingga berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akar masalah penyebab rendahnya partisipasi preventif promotif PROLANIS di Puskesmas Teladan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus dengan informan penelitian peserta PROLANIS yang ditentukan dengan tekhnik purposive sampling. Hasil penelitian ini didapati bahwa akar permasalahan yang menyebabkan partisipasi PROLANIS di Puskesmas Teladan Rendah adalah karna kurangnya pengetahuan peserta terkait PROLANIS dan solusi yang ditawarkan adalah dengan penambahan edukasi kepada peserta terkait kegiatan PROLANIS sehingga peserta lebih memahami keuntungan mengikuti kegiatan tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Jan 2021 06:25
Last Modified: 13 Jan 2021 06:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10440

Actions (login required)

View Item View Item