Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Soal Pembuktian Matematis Pada Mata Kuliah Geometri

Reflina, Reflina (2019) Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Soal Pembuktian Matematis Pada Mata Kuliah Geometri. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UINSU Medan.

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian BOPTN Reflina (edit).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal pembuktian matematika pada mata kuliahgeometri dan mengetahui faktor-faktoryang mempengaruhi mahasiswa sulit dalammenyelesaikan soal-soal pembuktianmatematika.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal pembuktian matematika dengan metode analisis deskriptif. Kesulitan yang dimaksud adalah kesulitan dalam konsep dan prinsip pada geometri.Kesulitan mahasiswa dalam belajar Geometri mencakup hal-hal berikut yakni: mahasiswa sulit merespon apa maksud dan tujuan soal, sulit menentukan awal atau permulaan dari suatu pembuktian, sulit menemukan ide dan gagasan, sulit menerapkan definisi, sifat, maupun teorema dalam mengkonstruksi pembuktian, dan mahasiswa masih sulit berpikir logis menentukan langkah-langkah pembuktian yang benar. Jenis kesalahan yang dominan terjadi pada model jawaban mahasiswa, adalah berupa jenis kesalahan data tidak tepat, prosedur yang tidak tepat, konflik level respon, dan masalah hirarkhi keterampilan.Faktor yang membuat mahasiswa sulit untuk belajar Geometri, yaitu faktor materi yang dirasa sulit dipahami, diterapkan, dan diaplikasikan dalam pemecahan masalah.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 12 Jan 2021 14:44
Last Modified: 12 Jan 2021 14:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10424

Actions (login required)

View Item View Item