Pengaruh Kegiatan Menggambar Imajinatif Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun Di RA KHAIRIN ISLAMIC SCHOOL (KIS) Medan Tembung T.A. 2018/2019

Suryani, Suryani (2018) Pengaruh Kegiatan Menggambar Imajinatif Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun Di RA KHAIRIN ISLAMIC SCHOOL (KIS) Medan Tembung T.A. 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Suryani Skripsi.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun pada kelas yang melakukan kegiatan gambar meniru. 2) untuk mengetahui kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun pada kelas yang melakukan kegiatan menggambar imajinatif. 3) untuk mengetahui pengaruh kegiatan menggambar imajinatif terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun di RA Khairin Islamic School (KIS) Kecamatan Medan Tembung T.A. 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa usia 5-6 tahun di RA Khairin Islamic School (KIS) Medan Tembung, dengan jumlah populasi sebanyak 32 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, studi dokumentasi, dan teknik analisis dengan menggunakan uji normalitas, uni homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa 1) Hasil penelitain kelas kontrol dengan menggunakan kegiatan menggambar meniru berjumlah 15 orang, memiliki nilai rata-rata pre test (5,667) dan post test (7,553). 2) Hasil penelitain kelas eksperimen dengan menggunakan kegiatan menggambar imajinatif berjumlah 17 orang, memiliki nilai rata-rata pre test (5,412) dan post test (9,647). 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan menggambar imajinatif terhadap kecerdasan visual spasial anak usia dini pada tema lingkungan tema spesifik rumah di kelas Madinah di RA Khairin Islamic School (KIS) Medan Tembung T.A. 2018/2019. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kecerdasan visual spasial anak setelah di beri perlakuan adalah 5,412 menjadi 9,647. Hal ini juga dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 5,219 > 2,042 .

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:11
Last Modified: 12 Jan 2021 04:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10414

Actions (login required)

View Item View Item