Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Bank Syariah Berdasarkan Islamicity Performance Index (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2014-2018)

Siregar, Dinda Abdita (2020) Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Bank Syariah Berdasarkan Islamicity Performance Index (Studi Kasus Bank Umum Syariah Periode 2014-2018). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DINDA ABDITA SIREGAR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital (IC) terhadap kinerja bank syariah di Indonesia. Variabel independen pada penelitian ini adalah intellectual capital yang diukur menggunakan Value Added Intellectual Capital (VAIC) dengan tiga komponen utama yaitu VACA, VAHU, dan STVA. Variabel dependen pada penelitian ini adalah kinerja bank syariah yang diukur berdasarkan pendekatan Islamia tau Islamicity Performance Index melalui Zakat Performance Ratio (ZPR). Sampel penelitian merupakan Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia yang terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2014-2018. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh tujuh Bank Umum Syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intellectual capital (IC) tidak berpengaruh terhadap kinerja bank syariah berdasarkan pendekatan Islami atau Islamicity Performance Index terutama pada ZPR bank syariah baik itu secara parsial maupun secara simultan. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan IC yang baik pada bank syariah tidak berpengaruh pada kinerja bank syariah beradasarkan pendekatan Islami yang dilihat dari penyaluran dana zakat yang dilakukan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Jan 2021 14:30
Last Modified: 11 Jan 2021 14:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10402

Actions (login required)

View Item View Item