Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)

Manurung, Wilda Mei Rina (2020) Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL WILDA .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Islamic Social Reporting adalah standar pelaporan kinerja sosial perusahaanperusahaan yang berbasis syariah. Secara khusus indeks ini merupakan perluasan pelaporan kinerja sosial yang meliputi harapan masyarakat tidak hanya mengenai peran perusahaan dalam perekonomian, tetapi juga peran perusahaan dalam perspektif spiritual, yang lebih menekankan pada keadilan sosial terkait mengenai lingkungan, masyarakat, dan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Pengungkapan ISR pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Sampel penelitian ini yaitu Laporan Tahunan Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di ISSI tahun 2016-2019. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dan diperoleh 17 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Profitabilitas berpengaruh sebesar 2,002 dengan tingkat signifikan sebesar 0,050 terhadap pengungkapan ISR. Sedangkan secara parsial Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif sebesar -,481 dengan tingkat signifikan 0,632 terhadap pengungkapan ISR. Dan Leverage berpengaruh sebesar 2,679 dengan tingkat signifikan 0,009 terhadap pengungkapan ISR. secara simultan Profitabiitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage berpengaruh terhadap pengungkapan ISR sebesar 6,432 dengan tingkat signifikan sebesar 0,001. Sedangkan dari hasil Koefisien Determinasi (R2 ) menunjukkan pengaruh Profitabiitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage berpengaruh sebesar 0,660 terhadap pengungkapan ISR. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 66% pengungkapan ISR dipengaruhi oleh Profitabiitas, Ukuran Perusahaan dan Leverage. Sedangkan sisanya sebesar 34% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Jan 2021 14:16
Last Modified: 11 Jan 2021 14:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10400

Actions (login required)

View Item View Item