Studi Komparatif Pengelolaan Dana Premi Asuransi Jiwa Syariah dan Konvensional (Studi Kasus pada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Medan)

Dalimunthe, Khairunisa Idama (2020) Studi Komparatif Pengelolaan Dana Premi Asuransi Jiwa Syariah dan Konvensional (Studi Kasus pada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI KHAIRUNISA IDAMA DALIMUNTHE.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengedentifikasi tentang pengelolaan dana premi asuransi jiwa syariah dan konvensional. Penelitian ini dilakukan di PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Medan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan data primer. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pengelolaan dana premi asuransi jiwa syariah dan konvensioanal, yang dimana nantinya dapat menjadi referensi dan rujukan terhadap mekanisme yang ada di pengelolaan dana premi pada asuransi jiwa syariah dan konvensional. Dan mekanisme pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Medan sangat berbeda dengan yang ada dikonvensional karena sudah memisahkan diri dari PT. Asuransi Jiwa Bersama Bumputera Medan yang tidak sesuai dengan prinsip syariah.Analisis SWOT merupakan suatu alat untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis dalam mengelola dana premi PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Medan untuk mengoptimalisasikan pengelolaan dana premi. Analisis ini berdasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strength) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weakness) dan ancaman (Threats). Dari analisis SWOT yang telah dilakukan menggunakan Matriks dihasilkan sebuah pilihan langkah yang menjadi prioritas bagi PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Medan untuk diterapkan dalam rangka efisiensi dan efektifitas pengelolaan dana premi yaitu S + O (Strenght + Oppotunities).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mekanisme Pengelolaan Dana Premi Asuransi Jiwa Syariah dan Konvensional, Analisis SWOT
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Jan 2021 05:38
Last Modified: 08 Jan 2021 05:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10364

Actions (login required)

View Item View Item