Hukum pelanggaran atas kesepakatan pada akad mudharabah dalam kepemilikan lembu perspektif Ibnu Qudamah (Study Kasus Peternakan Lembu Enggal Mukti Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang)

Nasrul, Putri Ayu Ramjani (2020) Hukum pelanggaran atas kesepakatan pada akad mudharabah dalam kepemilikan lembu perspektif Ibnu Qudamah (Study Kasus Peternakan Lembu Enggal Mukti Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.PDF

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mudharabah adalah suatu akad atau perjanjian antara dua orang atau lebih, di mana pihak pertama memberikan modal usaha, sedangkan pihak lain menyediakan tenaga dan keahlian dengan ketentuan bahwa keuntungan dibagi di antara mereka sesuai dengan kesepakatan yang mereka tetapkan bersama. Pada akad mudharabah di peternakan lembu Enggal Mukti terdapat proses pelaksanaan yang tidak sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati antara pemilik modal dan pengelola. Sehingga terjadinya kewajiban yang tidak dipenuhi atau ingkar janji yang dilakukan oleh pengelola modal baik karena tidak melaksanakan apa yang telah disepakati maupun melakukan sesuatu yang menurut kesepakatan yang tidak boleh dilakukan atau wanprestasi. Masalah yang akan diteliti adalah bagaimana konsep mudharabah menurut Ibnu Qudamah, bagaimana pelaksanaan akad mudharabah dalam kepemilikan lembu di peternakan lembu Enggal Mukti, dan bagaimana hukum pelanggaran atas kesepakatan pada akad mudharabah dalam kepemilikan lembu di peternakan lembu Enggal Mukti perspektif Ibnu Qudamah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Skripsi ini menggambarkan data yang diperoleh dari lapangan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan tipe penelitian yuridis empiris yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam masyarakat. Maka berdasarkan hasil penelitian, hukum pada akad mudharabah dalam kepemilikan lembu perspektif Ibnu Qudamah adalah tidak sah, karena dalam pelaksanaannya pengelola tidak transparan dalam memberikan keterangan kepada pemilik modal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum pelanggaran, akad mudharabah, kesepakatan, pemilikan lembu, Percut Sei Tuan
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.23 Perjanjian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 08 Jan 2021 06:13
Last Modified: 08 Jan 2021 06:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10363

Actions (login required)

View Item View Item