Penerapan Kode etik jurnalistik pada wartawan muslim di Harian Surat Kabar Analisa dalam menolak suap dan penyalahgunaan profesi (Studi Kode Etik Jurnalistik Pasal 6)

Sitorus, Sofryadi (2019) Penerapan Kode etik jurnalistik pada wartawan muslim di Harian Surat Kabar Analisa dalam menolak suap dan penyalahgunaan profesi (Studi Kode Etik Jurnalistik Pasal 6). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat pengetahuan wartawan muslim di harian surat kabar Analisa terhadap kode etik jurnalistik terkhusus pasal 6, langkah-langkah penerapan kode etik jurnalistik pasal 6, hambatan-hambatan wartawan muslim di harian surat kabar Analisa dalam menerapkan kode etik jurnalistik pasal 6 tentang menolak penyalahgunaan profesi dan suap, serta bagaimana wartawan Analisa mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif sebagai pendekatan penelitian. Penelitian ini dianalisis dengan cara induktif dari hasil wawancara, observasi, dan telaah pustaka, dengan mengambil tiga orang subjek penelitian yang berstatus sebagai wartawan Harian Analisa Medan. Proses pengumpulan data berlangsung kurang lebih selama tiga bulan di bulan Oktober, November, Desember 2019. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa wartawan harian surat kabar Analisa sepenuhnya memahami kode etik jurnalistik pasal 6 mengenai penyalahgunaan profesi dan menerima suap yang di peroleh dari pelatihan yang di lakukan surat kabar Analisa, Himbaun dari surat kabar Analisa, mempelajari sendiri dan peraturan yang sudah ada, dalam penerapan kode etik jurnalistik menjadi acuan dalam menjalankan tugas sebagai wartawan. Langkah-langkah penerapan kode etik jurnalistik di Harian surat kabar Analisa yakni membuat program sosialisasi kepada seluruh wartawan, menerapkan kode etik jurnalistik pasal 6 serta membuat rapat di akhir bulan sebagai bahan evaluasi dari kinerja mereka. Hambatan-hambatan yang terjadi yang di paparkan oleh para wartawa terkait adanya oknum yang ingin dicitrakan positif, kurangnya keimanan wartawan yang mau menerima suap, hingga tidak terpenuhnya kesejahteraan wartawan, dan wartawan mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Implikasi penelitian bagi wartawan dan pihak Harian Analisa Medan yaitu wartawan diharapkan tetap memegang teguh rasa profesionalisme dan rasa moralitas sebagai seseorang yang memiliki profesi yang penuh dengan etika. Harian Analisa Medan diharapkan tetap memantau para wartawan tidak berhenti untuk tetap mengingatkan kepada para karyawan betapa pentingnya kode etik bagi seorang wartawan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kode Etik, Jurnalistik
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Jan 2021 04:39
Last Modified: 08 Jan 2021 04:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10360

Actions (login required)

View Item View Item