Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industry Keripik Pisang di Desa Patumbak I Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang

Simanjuntak, Fitri Nurjannah (2020) Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industry Keripik Pisang di Desa Patumbak I Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi fitri nurjannah simanjuntak FIX REVISI Setelah sidang.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah permasalahan ekonomi yang dimiliki masyarakat dan realisasi fungsi pemerintah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Sehingga objek kajian dari penelitian ini adalah “Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Home Industry Keripik Pisang Di Desa Patumbak I Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang” Penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metode analisisnya kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Pemerintah Desa Patumbak I sudah melaksanakan program kerjanya dengan baik dalam hal pemberdayaan masyarakat. Dalam hal pemberdayaan ekonominya, pemerintah desa sudah berhasil memperbaiki perekonomian masyarakat melalui home industry keripik pisang tersebut dan mempunyai branding sendiri. Tetapi dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat ini, tentunya mengalami beberapa hambatan. Adapun hambatan yang dialami pemerintah desa ialah terbatasnya dana dari pemerintah dan belum maksimalnya pemasaran yang dibuat oleh pemerintah desa. Kemudian keberhasilan yang dicapai oleh pemerintah desa cukup banyak yaitu tingginya minat peserta, masyarakat yang sangat mendukung, dan SDA yang berlimpah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Home Industry,Kecamatan Patumbak, Deli Serdang
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Jan 2021 03:25
Last Modified: 08 Jan 2021 03:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10354

Actions (login required)

View Item View Item