Hubungan Beban Kerja Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders Pada Petugas Kebersihan Di RSUD Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Sondi Martua (2020) Hubungan Beban Kerja Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders Pada Petugas Kebersihan Di RSUD Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Salin6-SKIRIPSI SONDI JILID.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Beban kerja yang berat dapat mempengaruhi kesehatan pekerja, salah satu yang dapat ditimbulkan dari proses kerja adalah timbulnya keluhan Musculoskeletal Disorders atau bentuk nyeri, cidera, atau kelainan pada otot rangka, yang meliputi pada bagian saraf, tendon, ligament, otot dan sendi, hal ini dapat mempengaruhi kualitas pekerja. Musculoskeletal Disorders dapat di ukur dengan menggunakan Nordic Body Map. Tujuan penelitian, untuk mengetahui hubungan antara beban kerja dengan keluhan Musculoskeletal Disorders pada petugas kebersihan di RSUD Sibuhuan Kabupaten Padang lawas. Metode penelitian, jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Subjek penelitian adalah 53 petugas kebersihan di RSUD Sibubuan Kabupaten Padang lawas yang diperoleh dengan teknik total sampling atau mengambil seluruh populasi petugas kebersihan di RSUD Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan uji chi square dengan menggunakan program computer SPSS versi 22. Hasil penelitian, berdasarkan hasil penelitian pada petugas kebersihan di RSUD Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas didapatkan frekuensi beban kerja responden pada beban kerja berat sebanyak 37 (69,8%), beban kerja ringan sebanyak 16 (30,2%). Dan untuk hasil penelitian Musculoskeletal Disorders pada petugas kebersihan di RSUD Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas didapatkan frekuensi musculoskeletal disorder pada musculoskeletal disorders tinggi sebanyak 37 (69,8%), musculoskeletal disorders rendah sebanyak 16 (30,2%) dari jumlah sampel. Hasil uji chi square diperoleh nilai signifikan (p) antara beban kerja dengan keluhan musculoskeletal disorders adalah 0,000 atau p < 0,05. Nilai tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara beban kerja dengan keluhan musculoskeletal disorders pada petugas kebersihan di RSUD Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Dengan nilai Odds ratio 24,750 (95% CI 5,331-114,911. Kesimpulan, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara beban kerja dengan keluhan musculoskeletal disorders pada petugas kebersihan di RSUD Sibuhuan Kabupaten Padang lawas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Jan 2021 14:41
Last Modified: 06 Jan 2021 14:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10347

Actions (login required)

View Item View Item