Analisis Implementasi Pemasaran Produk Asuransi Pada Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 KPS Medan

Siregar, Nurmalinda (2020) Analisis Implementasi Pemasaran Produk Asuransi Pada Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 KPS Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI NURMALINDA SIREGAR (NIM.0505162037).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemasaran syariah adalah sebuah disiplin bisnis yang mengarahkan proses penciptaaan, penawaran, dan perubahan value dari suatu inisiator kepada stakeholder-nya, dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan nilai-nilai syariat Islam. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pemasaran produk Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 KPS Medan, penerapan prinsip syariah dalam implementasi pemasaran produk Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 KPS Medan, serta tantangan dalam penerapan pemasaran syariah yang dilakukan Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 KPS Medan. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data, selanjutnya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 KPS Medan dilakukan berdasarkan perilaku jujur, amanah dan komunikatif dalam memasarkan produk asuransi baik secara langsung maupun melalui agen pemasar. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera telah mengimplementasikan karakteristik pemasaran syariah mulai dari Teistis (rabbâniyyah), terlihat dari Budaya kerja yang mengedepankan sikap jujur, amanah, dan transparan, Etis (akhlâqiyyah) secara pengetahuan dan ketentuan dari perusahaan sudah sesuai dengan etika pemasaran syariah, Realistis (al- wâqi’iyyah), Sudah sesuai dengan pemasaran syariah dimana Produknya disesuaikan dengan permintaan pasar, namun perlu inovasi baru agar produk Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera lebih berbeda dengan produk asuransi lainnya. Humanistis (Al-insaniyah), sudah sesuai dengan konsep pemasaran syariah dimana Produk dapat dinikmati atau dimanfaatkan seluruh kalangan masyarakat tanpa membedakan status baik muslim maupun non muslim. Dari implementasi pemasaran produk AJSB tersebut terdapat beberapa tantangan dalam penerapan pemasaran syariah yang mengakibatkan rendahnya produktivitas penjualan diantaranya rendahnya kesadaran masyarakat terhadap lembaga keuangan syariah, Knowledge dari SDM, Kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Jan 2021 07:25
Last Modified: 06 Jan 2021 07:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10341

Actions (login required)

View Item View Item