Rangkuti, Sari Ulpah (2019) Perkembangan Kurikulum Pendidikan Di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
sari ulpah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Adapun tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perkembangan kurikulum pendidikan di pondok pesantren musthafawiyah purba baru 2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kurikulum di pondok pesantren musthafawiyah purba baru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sejarah (historical approach). Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan subjek dan informan penelitian adalah PKS Bidang Kurikulum dan Kesiswaan, para Guru dan para Staff. Penelitian ini menemukan: (1) kurikulum pesantren masih tetap sama seperti kurikulum terdahulu dan ada penambahan karena sudah berubah menjadi mu’adalah. (2) kurikulum yang dipakai tetap kurikulum terdahulu dan memakai kurikulum yang dibuat pemerintah. (3) faktor yang mempengaruh perkembangan kurikulum pendidikan di pondok pesantren musthafawiyah yaitu masyarakat yang semakin maju dan perkembangan iptek di perguruan tinggi yang berdampak positif pada santri/santriyati yang semakin lebih kritis dalam pembelajaran. Dampak negatifnya yaitu menurunnya prestasi santri/santriyati karena tidak dapat menyesuaikan diri dengan proses pembelajaran.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 04:58 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 04:58 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10338 |
Actions (login required)
View Item |