Akibat Hukum Terhadap Wanprestasi Pada Tradisi Marosok Menurut Imam Syafi’i (Studi Kasus Jual Beli Hewan Ternak Di Pasar Ternak Desa Cubadak Kota Batu Sangkar)

Aisyah, Siti (2020) Akibat Hukum Terhadap Wanprestasi Pada Tradisi Marosok Menurut Imam Syafi’i (Studi Kasus Jual Beli Hewan Ternak Di Pasar Ternak Desa Cubadak Kota Batu Sangkar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI AISYAH NASUTION.pdf

Download (816kB)

Abstract

Adapun yang menjadi permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah Bagaimana Akibat Hukum Terhadap Wanprestasi Pada Tradisi Marosok Dalam Jual Beli Hewan Ternak Di Pasar Ternak Desa Cubadak. Pandangan Imam Syafi‟i Terhadap Tradisi Marosok. Penulisan skripsi ini menggunakan metode pendekatan studi kasus, pengolahan data yang terkumpul meliputi klasifikasi dan deskripsi sesuai dengan apa yang dibahas di dalam penelitian. Data hasil wawancara di lapangan dan studi pustaka diklasifikasi dan dideskripsikan. Selanjutnya melakukan analisis data dengan menggunakan pola pikir deskriptif dan deduktif. Berdasarkan hasil riset di lapangan Akibat hukum terhadap wanprestasi pada tradisi marosok di Pasar Ternak Kota Batu Sangkar harus ada penyerahan ternak yang menjadi objek pada saat jual beli disepakati sesuai menurut Imam Syafi‟i, proses jual beli ternak dengan sistem marosok di Pasar Ternak Kota Batu Sangkar telah sesuai sebagaimana yang diatur dalam hukum islam, hal ini dapat dilihat mengenai syarat‐syarat yang harus dipenuhi untuk sahnya jual beli. Walaupun dalam jual beli ternak dengan sistem marosok pada masyarakat Kota Batu Sangkar sering terjadi sangketa khususnya mengenai utang tidak dilunasi oleh pembeli, akan tetapi jual beli ini tetap hidup dan dipertahankan keberadaannya. Hal ini disebabkan oleh karena sistem marosok ini dapat menghindari persaingan tidak sehat di antara pelaku jual beli ternak dan untuk menjaga keharmonisan hubungan diantara mereka.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.21 Jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Jan 2021 03:27
Last Modified: 06 Jan 2021 03:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10335

Actions (login required)

View Item View Item