Peran Tokoh Masyarakat Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Remaja Di Desa Lumbandolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal

Nasution, Romaito (2020) Peran Tokoh Masyarakat Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Remaja Di Desa Lumbandolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKIRIPSI-ROMAITO-LENGKAP-OKEEEE.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran tokoh masyarakat dalam Mengatasi Perilaku menyimpang Remaja di Desa Lumban Dolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Bentuk-bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja di Desa Lumban Dolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal berupa pergaulan bebas, minum-minuman keras, mencuri, berjudi dan memakai narkoba. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku menyimpang pada remaja adalah kontrol diri yang lemah, Ketidakmampuan penyesuaian diri terhadap perubahan lingkungan yang baik dan kreatif, kurangnya pengawasan orangtua, kurangnya kasih sayang orangtua, status ekonomi orangtua rendah, dan di lingkungan masyarakat tidak menghiraukan kepentingan anak dan tidak melindunginya dan adanya tempat-tempat yang tidak baik dan melawan norma. Adapun peran tokoh masyarakat dalam mengatasi perilaku menyimpang adalah dengan pencegahan preventif yaitu memberikan penyuluhan, mengikuti pengajian ataupun kegiatan-kegiatan fositif lainnya. Sedangkan pendekatan refresif dengan memberikan sanksi kepada remaja yang melakukan perilaku menyimpang. Adapun pendekatan secara kuratif adalah cara didikan orangtua terhadap anak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Jan 2021 15:46
Last Modified: 05 Jan 2021 15:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10330

Actions (login required)

View Item View Item