Hukum Praktik Sistem Jual Beli Mulamasah Di Kalangan Pedagang Di Pajak Inpres Kutacane Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara Ditinjau Dari Mazhab Syafi'i

Fitra, Herlya Ayu (2020) Hukum Praktik Sistem Jual Beli Mulamasah Di Kalangan Pedagang Di Pajak Inpres Kutacane Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara Ditinjau Dari Mazhab Syafi'i. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI HERLYA AYU FITRAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah pelaksanaan praktik sistem jual beli mulamasah dikalangan pedagang, apakah telah sesuai dengan syariat islam. Pembeli menganggap kebiasaan yang dilakukan penjualbertentangan dengan hukum islam, Karena, Adanya penjual yang tidak memiliki itikad baik sehingga dalam menjual barang tidak sesuai dan adanya unsur keterpaksaan dan Mazhab Syafi’i telah mengharamkan dan melarang praktik sistem jual beli mulamasah. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan dan bersifat kualitatif, biasanya penelitian ini cenderung menggunakan analisis. Tipe penelitiannya adalah yuridis empiris atau disebut dengan penelitian lapangan yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataannya dalam masyarakat.Dalam metode pendekatan digunakan metode pendekatan normatif sosiologis, teknik pengumpulan data yang diambil dari kepustakaan dan lapangan seperti wawancara atau perbuatan lainnya. Kesimpulan dari skripsi ini yang berjudul Hukum Praktik Sistem Jual Beli Mulamasah Dikalangan Pedagang Di Pajak Inpres Kutacane Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara Ditinjau Dari Mazhab Syafi’i adalah tidak sah karena sistem jual beli yang dilakukan menjual barang dengan cara menyentuh atau terhitung membeli barang yang di sentuh. Proses seperti ini sangatlah tidak wajar dilakukan karena mengandung tipuan dan kemungkinan menimbulkan kerugian bagi salah satu pihak bahkan dapat memunculkan ketidak harmonisan karena ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan yang dihadapinya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.21 Jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 04 Jan 2021 03:54
Last Modified: 04 Jan 2021 03:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10311

Actions (login required)

View Item View Item