Hukum Terhadap Status Kepemilikan Kerang Oleh Warga Menurut Perspektif Wahbah Az-Zuhaili (Studi Kasus Di Pantai Salju Desa Siamporik Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara)

Sari, Maya Hasan (2020) Hukum Terhadap Status Kepemilikan Kerang Oleh Warga Menurut Perspektif Wahbah Az-Zuhaili (Studi Kasus Di Pantai Salju Desa Siamporik Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Maya Hasan Sari (Bebas Perpus).pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepemilikan adalah hubungan antara seseorang dengan harta benda yang disahkan oleh syariat, sehingga orang tersebut menjadi pemilik atas harta benda itu, dan berhak menggunakan selama tidak ada larangan terhadap penggunaannya. Permasalahan dalam skripsi ini adalah status kepemilikan (klaim) terhadap kerang yang ada di Pantai Salju, apakah telah sesuai dengan syari‟at Islam. Penduduk mengharuskan para pengunjung untuk membayar kerang yang diambil dari pantai, padahal kerang yang berada di Pantai merupakan benda yang bebas belum dimiliki oleh siapapun. Masalah yang akan diteliti adalah bagaimanakah pendapat Wahbah Az-Zuhaili tentang hukum kepemilikan benda, bagaimanakah klaim kepemilikan kerang oleh warga masyarakat di Pantai Salju Desa Siamporik, dan bagaimanakah klaim kepemilikan kerang oleh warga masyarakat di pantai salju Desa Siamporik ditinjau dari pendapat hukum Wahbah Zuhaili. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris atau disebut dengan penelitian lapangan yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan masyarakat. Dalam penelitian ini metode yang digunakan wawancara dengan masyarakat setempat dan pengunjung Pantai Salju. Maka berdasarkan hasil penelitian, hukum tentang status kepemilikan kerang di pantai Salju ditinjau berdasarkan pendapat hukum Wahbah Az-Zuhaili adalah pengunjung boleh mengambil kerang yang ada di Pantai Salju selama kerang itu adalah benda mubah, dan diharamkan bagi masyarakat setempat memperjualbelikan kerang kepada pengunjung yang belum dalam penguasaannya atau kerang belum dimiliki olehnya. Harapan dari skripsi ini ialah agar masyarakat dapat memahami tentang status kepemilikan benda yang sesuai syariat Islam agar tidak menimbulkan kemudharatan serta menciptakan kemaslahatan bagi masyarakat setempat dan pengunjung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Jan 2021 16:29
Last Modified: 02 Jan 2021 16:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10301

Actions (login required)

View Item View Item