Desain Kamus Sinonim Dan Antonim Kata Bahasa Arab Pada Kelas Delapan Di MTs Madinatussalam Sumatera Utara Tembung

Nasution, Nurul Hasanah (2020) Desain Kamus Sinonim Dan Antonim Kata Bahasa Arab Pada Kelas Delapan Di MTs Madinatussalam Sumatera Utara Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 2020 NURUL HASANAH NASUTION.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk buku yaitu Kamus Praktis Sinonim dan Antonim Kata Bahasa Arab yang disusun berdasarkan teori kamus dari Ali Al-Qosimi. Kamus ini dibuat bertujuan untuk dijadikan sebagai kamus pendamping dalam pembelajaran bahasa arab dan diuji pada siswa kelas 8 madrasah tsanawiyah, serta mengetahui efektifitasnya dalam pembelajaran bahasa arab. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode Research and Develophment (R&D) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, serta menggunakan langkah-langkah dari Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 Madrasah Tsanawiyah. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas 8. Instrument dalam penelitian ini adalah: 1) observasi, 2) wawancara, 3) angket penilaian, 4) test, dan 5) dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) dengan melihat hasil angket penilaian yang diberikan oleh dosen ahli kamus dengan nilai 85,88 atau dengan derajat “sangat baik”, dan hasil penilaian dari guru bahasa arab dengan nilai 90 atau dengan derajat “sangat baik”, dan dari hasil respon siswa terhadap produk kamus dengan nilai 80,26 atau dengan derajat “sangat baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa produk kamus ini layak untuk digunakan sebagai pendamping dalam pembelajaran bahasa arab. 2) hasil dari tes siswa sebelum dan sesudah menggunakan produk kamus ini diperoleh T hitung lebih besar dari T tabel, maka hasilnya signifikan, dengan ini dapat disimpulkan bahwa penggunakan produk kamus berhasil dan dapat meningkatkan pengetahuan siswa dalam pembelajaran bahasa arab.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Jan 2021 16:15
Last Modified: 02 Jan 2021 16:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10300

Actions (login required)

View Item View Item