Pengaruh Pembiayaan Murabahah Dan Ijarah Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Studi Kasus Bank Mandiri Syariah Cabang Ahmad Yani)

Rambe, Alpiyannasri (2020) Pengaruh Pembiayaan Murabahah Dan Ijarah Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Studi Kasus Bank Mandiri Syariah Cabang Ahmad Yani). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN IJARAH TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO.pdf

Download (944kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan murabahah dan ijarah terhadap perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah pada Bank Mandiri Syariah Cabang Ahmad Yani. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah nasabah Bank Mandiri Syariah Cabang Ahmad Yani pada pelyanan dan produk sebanyak 75 responden. Jenis dan sumber data menggunakan data primer. Data primer diperoleh dengan menggunakan angket atau kuesioner, untuk variable pembiayaan Murabahah 10 item pernyataan dan untuk variable pembiayaan Akad 10 item pernyataan, serta untuk variable Usaha Kecil Menengah (UMKM) 10 item pernyataan, semua pernyataan valid dan reliabel. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji deskriptif, uji Instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi sederhana, uji ketetapan model, uji t dengan bantuan SPSS versi 20,0. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pembiayaan murabahah dan ijarah berpengaruh terhadap terhadap perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Tingkat signifikan dari pembiayaan Murabahah sebesar 0,006 lebih kecil dari 0,05 dengan nilai thitung >ttabel 2,962>2,004. Tingkat signifikan dari pembiayaan Ijarah sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 dengan nilai thitung >ttabel 7,774 >2,024. Hal ini menunjukkan bahwa pembiayaan Murabahah dan Ijarah berpengaruh terhadap perkembanagan Usaha, Kecil, Menengah (UMKM).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Jan 2021 14:00
Last Modified: 02 Jan 2021 14:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10293

Actions (login required)

View Item View Item