Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Kampung Pajak Kecamatan Labuhanbatu Utara

Hasibuan, Nazri Adalani (2020) Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Kampung Pajak Kecamatan Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
STRATEGI PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KCP KAMPUNG PAJAK KABUPATEN LABUHANBATU UTARA NAZRI ADALANI HASIBUAN NIM. 53153002.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bank Syariah merupakan salah satu bank Islam yang fokus utama kegiatan usahanya adalah penyaluran dana berdasarkan prisip syariah. Penyaluran dana bank yang dilakukan mengandung resiko kegagalan atau kemacetan dalam pelunasannya atau yang biasa disebut sebagai pembiayaan bermasalah. Jika pembiayaan bermasalah terus meningkat akan berpengaruh pada tingkat kesehatan bank syariah tersebut. Maka dari itu diperlukan pencegahan untuk meminimalisir terjadinya pembiayaan bermasalah dan melakukan penyelesaian sesegera mungkin ketika terjadinya pembiayaan bermasalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis untuk memaparkan data-data yang didapat di lapangan kemudian menganalisisnya dan mendapatkan kesimpulan dari penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah Bank Syariah Mandiri KCP Kampung Pajak melakukan pencegahan terlebih dahulu untuk meminimalisir terjadinya pembiayaan bermasalah dengan cara berhati-hati dalam memberikan pembiayaan, melakukan pendekatan kepada nasabah dan melakukan pengawasan. Apabila terjadi pembiayaan bermasalah maka penyelesaiannya adalah 1) Melakukan penagihaan secara intensif kepada nasabah sebelum jatuh tempo dengan cara menghubungi melalu SMS atau telepon, 2) Melakukan pendekatan kepada nasabah secara kekeluargaan dan bertanya kepada nasabah apa yang menyebabkan nasabah tidak membayar angsuran pembiayaan, 3) Memberikan surat peringatan kepada nasabah bila nasabah masih belum melakukan pembayaran angsuran pembiayaan, 4) Melakukan revitalisasi (rescheduling, reconditioning dan restructuing) pembiayaan apabila bank merasa nasabah masih bisa dan sanggup melakukan pembayaran pembiayaan, 5) Penghapusbukuan sisa utang pembiayaan nasabah sebagai tindakan administrasi, dan 6) Eksekusi jaminan berupa lelang jaminan ke badan pelelangan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Jan 2021 11:14
Last Modified: 02 Jan 2021 11:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10284

Actions (login required)

View Item View Item