Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membimbing Membaca Alquran Siswa Pada Pelajaran PAI Di SMP Hang Tuah Belawan

Fadhilah, Cut (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membimbing Membaca Alquran Siswa Pada Pelajaran PAI Di SMP Hang Tuah Belawan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
PDF Skripsi Cut Fadhilah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membimbing membaca Alquran Siswa pada pelajaran PAI dari mulai pelaksanaan pembimbingan, peran guru membimbing dan faktor pendukung dan penghambat dalam membimbing. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskripsi penelitian ini dilakukan di SMP Hang Tuah Belawan tepatnya berada di jalan Sulawesi . Belawan. Teknik Wawancara observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Dan penjaminan keabsahan data dalam penelitian ini yaitu uji kredibilitas data, transferabilitas (keteralihan), dependebilitas (ketergantungan), konfirmabilitas (kepastian). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Dalam pelaksanaan membimbing membaca Alquran dilaksanakan dengan menggunakan beberapa metode mangajar yang mudah dipahami (2) peran guru dalam membimbing yaitu dilakukan dengan memberikan motivasi serta evaluasi (3). faktor pendukungdan penghambat dalam kegiatan bimbingan baca Alquran ini adanya ketersediannya sarana dan prasarana belajar yang memadai, kemudian ditemukan penghambatnya bahwa tidak semua siswa bisa membaca Alquran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Jan 2021 11:10
Last Modified: 02 Jan 2021 11:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10283

Actions (login required)

View Item View Item