Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Warung Mikro Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri KCP Muchtar Basri Medan)

Nasution, Sulfia Sakti (2019) Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Warung Mikro Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri KCP Muchtar Basri Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SULFIA SAKTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya sektor UMKM (usaha mikro kecil dan menengah), yaitu usaha kerakyatan yang saat ini mendapat perhatian dan keistimewaaan yang diamanatkan oleh undang-undang, maka untuk memberdayakan UMKM tersebut haruslah mendapat dukungan pembiayaan dari perbankan. Karena Bank Syariah Mandiri memiliki produk pembiayaan yang diperuntukan bagi sektor UMKM yaitu produk pembiayaan warung mikro, maka Bank Syariah Mandiri bisa berkesempatan mengambil keuntungan dari para pelaku sektor UMKM tersebut, namun persaingan saat ini semakin ketat, yaitu telah banyak produk-produk pembiayan yang dikeluarkan oleh bank lain, maka penulis jadi tertarik untuk mengangkat permasalahan mengenai strategi pemasaran dari produk warung mikro tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan warung mikro guna menarik minat nasabah pada Bank Syariah Mandiri KCP Muchtar Basri Medan. Disamping itu, untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi oleh pemasar ketika memasarkan Produk Warung Mikro ke masyarakat beserta upaya penyelesaiannya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Karenanya, untuk memperoleh data yang diperlukan, maka teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dengan wawancara kepada staff pemasar Warung Mikro Bank Syariah Mandiri KCP Muchtar Basri Medan dan dokumentasi dengan cara pengumpulan data-data yang dibutuhkan. Setelah data dikumpul kemudian diolah melalui proses editing dan kategorisasi. Kemudian data di analisis dengan menggunakan analisis SWOT dengan matriks IFAS dan EFAS maka dapat diidentifikasikan faktor-faktor penting baik dari lingkungan eksternal dan lingkungan internal yang mewnjadi peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan dari produk pembiayaan warung mikro. Adapun hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang di jalankan Bank Syariah Mandiri KCP Muchtar Basri Medan berjalan dengan cukup baik, hal tersebut dapat dilihat dari perencanaan dan pelaksanaan pemasaran serta dilihat dari respon baik dari nasabah. Adapun yang menjadi kendala pemasaran produk pembiayaan warung mikro ini adalah karena banyaknya saingan dan kendala lainnya berasal dari nasabah itu sendiri. Tetapi, semua kendala tersebut bisa diatasi oleh pemasar warung mikro.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Jan 2021 04:24
Last Modified: 02 Jan 2021 16:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10265

Actions (login required)

View Item View Item