Kitab Kuning Di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara: Studi Referensi Keilmuan Di Fakultas Syari’ah Dan Hukum (FSH) Dan Fakultas Ushuluddin Dan Studi Islam (FUSI)

Sofyan, Sofyan (2019) Kitab Kuning Di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara: Studi Referensi Keilmuan Di Fakultas Syari’ah Dan Hukum (FSH) Dan Fakultas Ushuluddin Dan Studi Islam (FUSI). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Disertasi an. Sofyan Repositori UIN Sumatera Utara.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini fokus pada posisi kitab kuning sebagai referensi keilmuan pada Fakultas Syariah dan Hukum serta Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam UIN SU Medan.Topik tersebut diuraikan ke dalam empat rumusan masalah: 1) Bagaimana kitab kuning sebagai referensi keilmuan di buku silabus?; 2) Bagaimana kitab kuning sebagai referensi keilmuan dosen di buku ajar?; 3) Bagaimana kitab kuning digunakan dalam proses belajar mengajar?; dan 4) Bagaimana kitab kuning sebagai referensi di kalangan mahasiswa FSH dan FUSI. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data dilakukan menurut Miles dan Huberman. Penelitian menyimpulkan bahwa kitab kuning digunakan sebagai referensi keilmuan di buku silabus dan buku ajar dosen. Dalam proses belajar mengajar kitab kuning dipakai dosen sebagai referensi, tetapi mahasiswa tidak dapat membaca dan memahaminya, karena mayoritas dari tamatan sekolah umum. Di kalangan mahasiswa kitab kuning digunakan sebagai referensi di dalam skripsi. Kitab kuning yang digunakan sebagai referensi keilmuan di FSH dan FUSI meliputi bidang tauhid, fikih, usul fikih, tafsir, hadis, ‘ulūmul Qur’ān dan ‘ulūmul Ḥadīṡ. Kitab-kitab tersebut berorientasi ke Timur Tengah (Middle Eastern Oriented) karya ulama mutaqaddimūn dan muta’akhkhirūn. Ilmu yang diwariskan oleh ilmuan masa lampau sampai saat ini terus dilestarikan, dipelajari, menjadi referensi utama keagamaan dan sumber primer dalam menggali ilmu keislaman. Maka mahasiswa FSH dan FUSI UIN SU yang dipersiapkan menjadi intelektual yang ulama dan ulama yang intelektual diwajibkan dapat membaca kitab kuning, karena salah satu persyaratan yang harus dimiliki seorang ulama yaitu menguasai kitab kuning

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Dec 2020 07:11
Last Modified: 01 Jan 2021 04:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10264

Actions (login required)

View Item View Item