Pengaruh Pengetahuan Produk, Kepercayaan Dan Sosialisasi Terhadap Keputusan Melakukan Pembiayaan Paket Masa Depan (PMD) Di BTPN Syariah

Saragih, Maya Sari (2020) Pengaruh Pengetahuan Produk, Kepercayaan Dan Sosialisasi Terhadap Keputusan Melakukan Pembiayaan Paket Masa Depan (PMD) Di BTPN Syariah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Maya Saragih Terbaru.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan Paket Masa Depan (PMD) adalah program terpadu Bank BTPN Syariah yang diberikan kepada sekelompok wanita di pedesaan yang ingin memiliki usaha dan memiliki impian untuk merubah hidup, tetapi tidak memiliki akses layanan perbankan. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan solusi keuangan, perencanaan keuangan sederhana dan partisipasi kelompok. Pembiayaan PMD ini sudah berjalan 3 tahun lebih tetapi minat masyarakat masih minim melakukan keputusan pembiayaan, pembiayaan ini tidak berkembang dan tidak sesuai target yang di inginkan oleh Bank BTPN Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk, kepercayaan dan sosialisasi terhadap keputusan melakukan pembiayaan paket masa depan (PMD) di BTPN Syariah. Penelitian ini menggunakan tiga variabel independen yaitu pengetahuan produk, kepercayaan dan sosialisasi dengan satu variabel dependen yaitu keputusan melakukan pembiayaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh nasabah PMD BTPN Syariah Desa Silau Merawan sebanyak 45 orang. Setelah dilakukan tinjauan pustaka maupun lapangan dan penyusunan hipotesis, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 45 nasabah PMD Desa Silau Merawan sebagai sampel penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R 2) . Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas dan multikolinieritas. Pada Uji t menunjukkan bahwa variabel pengetahuan produk, kepercayaan dan sosialisasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan melakukan pembiayaan PMD. Pada hasil statistik uji F diketahui bahwa pengetahuan produk, kepercayaan dan sosialisasi berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan melakukan pembiayaan PMD. Pada uji koefisien determinasi (R 2 ) diketahui bahwa besarnya pengaruh pengetahuan produk, kepercayaan dan sosialisasi terhadap keputusan melakukan pembiayaan PMD sebesar 0,659. Sedangkan sisanya 34,1% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Dec 2020 06:38
Last Modified: 30 Dec 2020 06:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10262

Actions (login required)

View Item View Item