Pengaplikasian Mentoring dalam Membentuk Kepribadian Mahasiswa di Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Izzah UIN SU

Bahar, Yolanda (2020) Pengaplikasian Mentoring dalam Membentuk Kepribadian Mahasiswa di Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Izzah UIN SU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mentoring merupakan sebuah proses interaksi yang didalamnya terdapat transfer knowledge antara seorang mentor dengan satu atau beberapa mentee yang dilandasi atas dasar kepercayaan, saling menghargai, dan mengasihi. Mentor bertugas memberikan dukungan, dorongan, bimbingan dan semangat yang bertujuan untuk membentuk pertumbuhan, perkembangan, kompetensi dan karakter mentee ke arah yang positif. Sementara kepribadian adalah suatu totalitas psikhophisis yang kompleks dari individu, sehingga tampak didalam tingkahlakunya yang unik. Aspek kepribadian meliputi emosi, sikap, intelektual, motivasi dan lain sebagainya. Yang menjadi permasalahan yaitu kepribadian remaja cenderung berubah-ubah dan tidak konstan. Untuk itu diperlukan satu metode yang mampu menjadi mediator dalam proses pembentukan diri para mahasiswa/i, hal inilah yang kemudian membuat penulis tertarik melakukan penelitian tentang mentoring. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan mentoring, metode, kendala dan hasil atau output yang didapat selama proses mentoring berlangsung dalam pembentukan kepribadian mahasiswa/i pada Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Izzah UIN Sumatera Utara. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari sasaran penelitian maupun catatan dari sumber yang terkait dengan penelitian. Melihat dari hasil wawancara dan observasi yang dapat, pelaksanaan mentoring yang di laksanakan oleh Lembaga Dakwah Kampus (LDK) UIN SU biasanya terdiri dari 3-12 orang dalam satu kelompok, dilaksanakan setiap satu pekan sekali, dengan cara bertahap, diantaranya yaitu pembukaan, ice breaking, materi, diskusi dan kesimpulan, evaluasi dan penutupan. Metode dalam mentoring juga dikemas dengan menarik seperti ceramah, diskusi, permainan peran (role play), studi kasus, pengajuan pertanyaan, penugasan, permainan (games), nonton VCD, rihlah dan riyadhoh. Hasil yang didapat selama proses pelaksanaan mentoring yaitu adanya perubahan kepribadian yang lebih positif dari mahasiwa/i, mempererat kedekatan antar sesama mahasiswa/i dan membuat para mahasiwa/i lebih mengenal Allah, Rasulullah dan agama-Nya, dengan menyentuh beberapa aspek yang saling mempengaruhi, diantaranya yaitu aspek psikologi, aspek sosial, aspek spiritual dan aspek edukasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 29 Dec 2020 06:30
Last Modified: 29 Dec 2020 06:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10239

Actions (login required)

View Item View Item