Tinjauan Hukum Pembayaran Hutang Dengan Barang Yang Tidak Sejenis Dalam Sistem Pembayaran Hutang Perhari Menurut Wahbah Az-Zuhaili (Studi kasus Desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat)

Siregar, Rosidah Rizky (2020) Tinjauan Hukum Pembayaran Hutang Dengan Barang Yang Tidak Sejenis Dalam Sistem Pembayaran Hutang Perhari Menurut Wahbah Az-Zuhaili (Studi kasus Desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Rosidah Rizky Siregar.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tinjauan Hukum Pembayaran Hutang Dengan Barang Yang Tidak Sejenis Dalam Sistem Pembayaran Hutang Perhari Menurut Wahbah Az-Zuhaili (Studi Kasus Desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat)”. Permasalahan dalam skripsi ini adalah pelaksanaan pembayaran hutang dengan barang yang tidak sejenis dimana si pemberi pinjaman memberikan bantuan pinjaman berupa uang dengan pelunasan barang yang berlainan jenis dalam sistem pembayaran perhari, apakah telah sesuai dengan syariat Islam. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitataif. Tipe penelitiannya adalah yuridis empiris atau disebut dengan penelitian lapangan yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan masyarakat. Kesimpulan dari skripsi ini yang berjudul Tinjauan Hukum Pembayaran Hutang Dengan Barang Yang Tidak Sejenis Dalam Sistem Pembayaran Hutang Perhari Menurut Wahbah Az-Zuhaili adalah tidak sah karena wajib hukumnya bagi peminjam untuk mengembalikan harta mitsli dan mengembaliakan harta semisal dalam bentunyakarena pelaksanaan hutang piutang ini tentunya ada pihak yang merasa dirugikan, karena pengembalian hutang tersebut berupa barang yang berlainan jenis, maka peminjam akan mengembalikan barang tersebut dengan harga yang berbeda dan nantinya akan mendapat nilai harga yang berbeda.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah
2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.22 Pinjam meminjam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 29 Dec 2020 06:18
Last Modified: 29 Dec 2020 06:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10238

Actions (login required)

View Item View Item