Tradisi Marpangir Dalam Menyambut Ramadhan Ditinjau Dari Aqidah Islam Di Kelurahan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Harahap, Sri Wahdina Syahfitri (2019) Tradisi Marpangir Dalam Menyambut Ramadhan Ditinjau Dari Aqidah Islam Di Kelurahan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRI WAHDINA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tradisi Marpangir dalam Menyambut Ramadhan Ditinjau dari Aqidah Islam Di Kelurahan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan”. Fokus penelitian ini bagaimana tradisi marpangir dalam menyambut Ramadhan yang dilakukan oleh masayarakat Kelurahan Kotapinanag Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dan bagaimana pendapat para ahli di bidang aqidah Islam terhadap tradisi marpangir di masyarakat Kelurahan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu selatan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pandangan Islam mengenai tradisi Marpangir, dan bagaimana pendapat para ahli di bidang aqidah Islam tentang tradisi marpangir tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan melakukan penelitian kelapangan dengan sumber Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat di Kelurahan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan, kemudian didukung studi kepustakaan yang berkaitan dengan pendapat teori. Dari hasil penelitian dilapangan ditemukan bahwa tradisi marpangir ini adalah tradisi turun-temurun yang telah ada sejak zaman dulu yang masih dilakukan oleh masyarakat Kelurahan Kotapinang khususnya. Berdasarkan ajaran agama Islam mengenai tradisi marpangir disimpulkan bahwa tradisi marpangir bukanlah sesuatu yang dilarang karena tidak mengandung unsur syirik. Tradisi marpangir hanyalah sebuah keinginan mendapatkan kesucian diri dalam memasuki bulan ramadhan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Akidah dan Filsafat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Dec 2020 06:57
Last Modified: 28 Dec 2020 06:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10234

Actions (login required)

View Item View Item