Meningkatkan Kontrol Diri Dalam Berinteraksi Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di MAN 1 Medan

Masitoh, Masitoh (2020) Meningkatkan Kontrol Diri Dalam Berinteraksi Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di MAN 1 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MASITOH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang Meningkatkan Kontrol Diri dalam Berinteraksi Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya siswa yang tidak bisa mengontrol sikapnya dengan baik khususnya di kelas XII MIA 2 MAN 1 Medan, hal ini diketahui melalui wawancara dengan guru BK dan informasi lainnya. Gejala dalam mengontrol diri dalam berinteraksi adalah kurang basanya siswa mengontrol sikap saat berada dalam kelas, seringnya terjadi pertengkaran dalam kelas yang menyebabkan tidak terkontrolnya dalam menyelesaikan masalah, sehingga mengharuskan keterlibatan guru BK untuk membantu siswa agar bisa mengontrol sikapnya dengan baik pada saat proses belajar berlangsung di dalam kelas dan di luar proses belajar seperti cabut dalam pelajaran.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keadaan kontrol diri siswa dalam berinteraksi sosial, bagaimana cara meningkatkan kontrol diri siswa dalam berinteraksi sosial melalui layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek adalah beberapa orang siswa kelas XII MIA 2 MAN 1 Medan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan peran guru BK dalam meningkatkan kontrol diri siswa di MAN 1 Medan adalah dengan pemberian layanan bimbingan konseling yang sudah dilakukan tersebut dalam meningktakan kontrol diri siswa dalam berinteraksi sosial siswa adalah diterapkannya layanan bimbingan kelompok. Kegiatan bimbingan dan konseling yang dilakukan guru Bimbingan dan Konseling berdampak. Hal ini terlihat dari siswa yang sudah dapat mengontrol dirinya dengan baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Dec 2020 06:13
Last Modified: 28 Dec 2020 06:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10230

Actions (login required)

View Item View Item