Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Permainan Lompat Tali Kelompok B Di TK Nurul Hidayah

Samahati, Oetari Sabrina (2019) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Permainan Lompat Tali Kelompok B Di TK Nurul Hidayah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP BURNING.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kecerdasan kinestetik anak sebelum menggunakan metode bermain lompat tali di TK Nurul Hidayah 2) Untuk mengetahui cara pelaksanaan metode bermain lompat tali di TK Nurul Hidayah 3) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan kecerdasan kinestetik setelah menggunakan metode bermain lompat tali di Nurul Hidayah 4.Untuk mengetahui respon siswa saat menggunakan metode bermain lompat tali dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik di TK Nurul Hidayah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 13 anak. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan kreativitas. Teknik pengumpulan data melalui observasi berbentuk cheklist dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh selama 1) Sebelum penggunaan Permainan Lompat Tali di TK Nurul Hidayah, pada pra siklus yang memperoleh kriteria BB sebanyak 7 anak (25%) atau dengan rata-rata 5, kriteria MB sebanyak 6 anak (30%) atau dengan rata-rata 6. Belum ada anak yang mencapai nilai 16, sehingga ketuntasan anak masih 0%. 2) Pelaksanaan permainan lompat tali pada siklu I, anak harus melompati tali tanpa terkena tali yang telah disepakati sebelum permainan dimulai, pada siklus II anak harus menjangkau tali yang telah disepakati oleh peneliti. 3) Terjadi peningkatan setelah menggunakan metode bermain lompat tali dengan poin nilai 10 dari nilai rata-rata 6 (30%), meningkat menjadi nilai rata-rata 16 (80%), hal tersebut menunjukkan bahwa dari penelitian pada siklus I dan siklus II telah mencapai peningkatan keberhasilan scara klasikal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Dec 2020 05:54
Last Modified: 28 Dec 2020 05:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10229

Actions (login required)

View Item View Item