Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Anemia Dengan Kepatuhan Mengonsumsi Tablet FE Di Puskesmas Kedai Durian Medan

Nasution, Maulina Zahra (2019) Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Anemia Dengan Kepatuhan Mengonsumsi Tablet FE Di Puskesmas Kedai Durian Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Akhir_Maulina Zahra Nasution-dikonversi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anemia masih merupakan masalah kesehatan yang masih ada di seluruh dunia dan tersebar luas baik di negara berkembang maupun negara maju yang terkait dengan peningkatan morbiditas dan mortalitas terutama pada ibu hamil. Keberhasilan program pemberian tablet Fe yang pemerintah buat untuk menanggulangi anemia sangat dipengaruhi oleh kepatuhan ibu hamil mengonsumsi tablet Fe selain di pengaruhi oleh kepatuhan dan juga di pengaruhi dengan pengetahuan ibu hamil mengenai anemia. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu hamil tentang anemia dengan kepatuhan mengonsumsi tablet Fe di wilayah kerja puskesmas kedai durian. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang berjumlah 105 orang sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dimana jumlah sampel di ambil secara pertimbangan. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner dan diisi langsung oleh ibu hamil. Analisis data dilakukan meliputi analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan ibu hamil tentang anemia dengan kategori baik (81,9%) dan kepatuhan ibu hamil dengan kategori patuh (52,4%). Sedangkan pengetahuan ibu hamil tentang anemia dengan kategori kurang baik (18,1%) dan kepatuhan mengomsumsi tablet Fe dengan kategori tidak patuh (47,6%). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu hamil tentang anemia dengan kepatuhan mengonsumsi tablet Fe (p=0,000). Sehubungan dengan penelitian tersebut penulis mengharapkan kepada Puskesmas agar melakukan penyuluhan mengenai anemia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 618 Gynecology and other medical specialities
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Dec 2020 14:23
Last Modified: 24 Dec 2020 14:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10190

Actions (login required)

View Item View Item