Analisis efektivitas inovasi digital SRC (Sampoerna Retail Community) dalam meningkatkan volume penjualan pada Toko Kelontong di Kecamatan Medan Johor

Sadewo, Naufal Falih (2020) Analisis efektivitas inovasi digital SRC (Sampoerna Retail Community) dalam meningkatkan volume penjualan pada Toko Kelontong di Kecamatan Medan Johor. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Naufal Falih Sadewo ASLI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas inovasi digital SRC (Sampoerna Retail Community) dalam meningkatkan volume penjualan pada Toko kelontong di Kecamatan Medan Johor. Berdasarkan survey dari BPS mengidentifikasikan berbagai kelemahan dan permasalahan yang dihadapi UMKM berdasarkan prioritasnya, yaitu meliputi: (a) kesulitan dalam pemasaran, (b) persaingan usaha yang ketat, (e) kurangnya keahlian pelaku usaha, dan lain- lain. Pemasaran adalah masalah mendasar yang juga dihadapi oleh pengusaha kecil, masalah di bidang pemasaran yang dihadapi pengusaha kecil pada umumnya terfokus pada tiga hal: (1) masalah persaingan pasar dan produk, (2) masalah akses terhadap informasi pasar, dan lainnya. Alasan penelitian ini dilakukan karena apakah dengan pesatnya perkembangan teknologi digital dapat meningkatkan volume penjualan serta omset penjualan pada Toko Kelontong. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada para pemilik Toko Kelontong yang bermitra dengan SRC. Populasi dalam penelitian ini adalah para pemilik Toko Kelontong yang bermitra dengan SRC yang berada di wilayah Kecamatan Medan Johor dan sampel pada penelitian ini berjumlah 60 Toko. Kuesioner diuji validitas dan realibilitasnya. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji McNemar dengan mengukur ada atau tidaknya perubahan peningkatan omset penjualan pada Toko Kelontong sebelum dan sesudah menggunakan inovasi digital SRC. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal. Sebelum menggunakan Inovasi Digital SRC omset penjualan responden berada di kategori rendah >1.000.000 46 orang (76,7%) dan >5.000.000 14 orang (23,3%). Sedangkan sesudah menggunakan Inovasi Digital SRC omset penjualan meningkat terlihat dalam tabel, >1.000.000 hanya 1 orang (1,7%), sedangkan >5.000.000 meningkat menjadi 43 orang (71,7%) dan terdapat lebih dari >10.000.000 16 orang (26,7%). Dalam penelitian ini Inovasi Digital SRC dikatakan Efektiv dalam meningkatkan Volume penjualan ataupun omset penjualan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Inovasi Digital, Volume Penjualan, Toko Kelontong.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Dec 2020 08:22
Last Modified: 22 Dec 2020 08:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10165

Actions (login required)

View Item View Item