Implementasi Zakat Terhadap Pengurangan Pembayaran Pajak Penghasilan Menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat Dan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan (Studi Kasus Di Baznas Provinsi Sumut Dan KPP Pratama Medan Barat)

Pratama, Putra (2020) Implementasi Zakat Terhadap Pengurangan Pembayaran Pajak Penghasilan Menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat Dan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan (Studi Kasus Di Baznas Provinsi Sumut Dan KPP Pratama Medan Barat). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI Putra Pratama-1.pdf

Download (908kB)

Abstract

Zakat merupakan salah satu sumber pendapatan Negara untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Lahirnya undang-undang Nomor 23 tahun 2011 memberikan dampak yang begitu besar untuk umat Islam di Indonesia. Dimana Ibadah Zakat sudah diakui di Negara Indonesia. undang-undang 23 tahun 2011 juga memberikan keringanan untuk wajib pajak Muslim, dalam pasal 22 menyatakan zakat yang dibayarkan oleh muzakki dikurangkan dari penghasilan kena pajak. Hal itu juga di atur dalam undang-undang nomor 36 tahun 2008 tentang pajak penghasilan dan peraturan direktur jendral pajak Nomor PER-6/PJ/2011 tentang pelaksanaan pembayaran dan pembuatan bukti pembayaran atas zakat atau sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto.Permasalahan yang penulis angkat, bagaimana implementasi zakat terhadap pengurang pembayaran pajak penghasilan menurut undang-undang nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat dan undang-undang nomor 36 tahun 2008 tentang pajak penghasilan, bagaimana implementasi zakat terhadap pengurang pembayaran pajak di Baznas Provinsi Sumut dan KPP Pratama Medan Barat. Untuk memperoleh jawaban dari permasalahan ini, maka penelitian yang digunakan metode penelitian hukum empiris yang dimana harus dilakukan untuk melihat hukum dalam artian nyata dan meneliti bagaimana bekerjanya hukum dilingkungan masyarakat.berdasarkan penelitian tersebut pembayaran zakat dapat mengurangi besarnya beban pajak penghasilan dimana di atur dalam undang undang nomor 23 tahun 2011 pasal 23 ayat (1) Baznas/ Laz wajib memberikan bukti setoran zakat kepada setiap Muzakki. Namun implementasi nya masih sedikit muzakki dan wajib pajak yang memanfaatkan keringanan tersebut di Baznas Provinsi Sumut dan KPP Pratama Medan Barat. Sehingga diperlukan integritas zakat dan pajak (Tax Credit).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Dec 2020 10:56
Last Modified: 15 Dec 2020 10:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10129

Actions (login required)

View Item View Item