Tinjauan Fiqih terhadap peran Dinas Sosial Kabupaten Asahan dalam penanganan kemiskinan (Studi kasus di Kecamatan Tanjung Balai Asahan)

Ariyan, Sabda (2020) Tinjauan Fiqih terhadap peran Dinas Sosial Kabupaten Asahan dalam penanganan kemiskinan (Studi kasus di Kecamatan Tanjung Balai Asahan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Sabda Ariyan (1).pdf

Download (879kB) | Preview

Abstract

Peniltian ini berbentuk penelitian lapangan yang dilakukan di Kecamatan Tanjung balai kabupaten asahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana peran Dinas sosial dalam penanganan kemiskinan di kecamatan tanjung balai asahan dan bagaimana pandangan fiqih siyasah terhadap peran Dinas sosial kabupaten asahan dalam penanganan kemiskinan. Dalam penulisan skripsi ini, penulis Akan membahas tentang peran Dinas sosial dalam penanganan kemiskinan ditanjung bala Asahan yang dilihat dari tugas dam perannya didalam menangani kemiskinan dalam penilitian bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana perannya dan program apa saja yang sudah diterapkan dinas sosial Dalam penanganan kemiskinan diKecamatan Tanjung Balai, Asahan. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan cara: Observasi (Pengamatan), Interview (Wawancara) dan Dokumentasi. Dari hasil penilitian yang dilakukan penulis bahwa realita dilapangan tentang peran Dinas sosial dalam penanganan kemiskinan dikecamatan Tanjung Balai Asahan masih kurang sesuai, Kepala kasi penanganan kemiskinan Dinas sosial mengatakan bahwa Dinas Sosial itu sendiri telah mengeluarkan Program-program khusus dalam penanganan fakir miskin diantaranya Program rumah tidak layak huni atau RTLH dan Bantuan Program Sembako Bantuan Program Keluarga Harapan, Tidak hanya itu Dinas Sosial juga berupaya meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pengembangan keterampilan serta mengembangkan kewirausahaan. Namun, setelah peneliti melakukan wawancara masih banyak masyarakat tidak menerima program-program dari Dinas sosial khususnya diKecamatan Tanjung Balai, Penyebab dari Permasalahan ini adalah akibat tidak adanya pengawasan dari Dinas Sosial disetiap kecamatan dan Dinas Sosial Tidak melakukan pembaharuan data setiap tahunnya dan tidak menutup kemungkinan program-program tersebut tidak merata. apabila dilihat dalam kajian Fiqih Siyasah bahwa pelaksanaan peran Dinas Sosial Bahwasanya Dinas Sosial disetarakan dengan gubernur dalam konteks Negara Islam. Keduanya memiliki tugas yang sama yaitu untuk mewujudkan kemashlahatan uma

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Dec 2020 07:28
Last Modified: 15 Dec 2020 07:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10128

Actions (login required)

View Item View Item