Pelaksanaan konseling kelompok untuk mengatasi stres akademik siswa MTsN 3 Medan Helvetia

Ritonga, Agusrini Najamatussyifa (2020) Pelaksanaan konseling kelompok untuk mengatasi stres akademik siswa MTsN 3 Medan Helvetia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
AGUSRINI NAJAMATUSSYIFA RITONGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Konseling Kelompok adalah proses bantuan menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi pada diri klien dan dapat memberikan solusi terbaik dengan menggunakan asas kerahasiaan bersifat tatap muka dalam situasi berkelompok. Konseling kelompok sangat diperlukan oleh siswa guna membantu terciptanya kondisi suasana belajar yang lebih menyenangkan.Penelitian ini membahas tentang Pelaksaan Konseling Kelompok untuk mengatasi Stres Akademik siswa MTsN 3 Medan Helvetia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pentingnya konseling kelompok dalam mengatasi stres akademik siswa MTsN 3 MedaN Helvetia, (2) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan konseling kelompok dalam menangani siswa yang terindikasi stres akademik. Skripsi ini menggunakan penelitian tindakan (action research) yang bersifat deskriptif, peneliti menggunakan metode tindakan, karena peneliti berusaha meberikan pelaksanaan konseling kelompok untuk mengatasi stress akademik siswa MTsN 3 Medan. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat berdasarkan siklus I yang telah dilaksanakan peneliti dalam II pertemuan, dimana dalam pertemuan I belum terlihat perubahan yang dialami siswa yang terindikasi stres akademik. Dan pertemuan II terjadi penurunan stres akademik yakni 67% dalam hal ini hasil dari pelaksanaan layanan konseling kelompok pada siklus I sudah mencapai target yang diharapkan yakni 51-74%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Stres Akademik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 15 Dec 2020 05:34
Last Modified: 15 Dec 2020 05:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10124

Actions (login required)

View Item View Item