Analisis Perbandingan Waktu Enkripsi Menggunakan Algoritma Message-Digest 5 (MD5) Dan Algoritma Affine Cipher Dalam Enkripsi Pesan

Lubis, Aidil Halim (2020) Analisis Perbandingan Waktu Enkripsi Menggunakan Algoritma Message-Digest 5 (MD5) Dan Algoritma Affine Cipher Dalam Enkripsi Pesan. Fakultas Sains Dan Teknologi UINSU Medan.

[img]
Preview
Text
Laporan Penelitian_Aidil Halim Lubis-FST.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kriptografi merupakan ilmu yang digunakan untuk menyamarkan pesan yang akan dikirim/transmit oleh pengirim ke penerima pesan. Teknik untuk mengamankan pesan adalah dengan mengenkripsi pesan tersebut menjadi tidak dapat dibaca secara utuh atau informasi sudah diacak. Salah satu algoritma yang cukup banyak digunakan sampai saat ini yaitu algoritma MD5 yang hasil enkripsinya berupa hash dengan panjang 32 bit. Kemampuan algoritma MD5 diakui sampai sekarang masih digunakan dalam melakukan enkripsi pada banyak aplikasi maupun website. Algoritma affine cipher merupakan algoritma dengan tipe kunci simetris yang juga sering digunakan dalam mengamankan pesan. Pada penelitian ini, penulis menganalisis kinerja algoritma MD5 dan juga algoritma affine cipher berupa analisis waktu enkripsi berdasarkan panjang pesan yang akan dienkripsi serta cipherteks yang dihasilkan untuk dari proses enkripsi dari kedua algoritma tersebut.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Dec 2020 10:43
Last Modified: 15 Dec 2020 10:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10116

Actions (login required)

View Item View Item