Implementasi Budaya Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Dalam Membentuk Pendidik Profesional

Mahariah, Mahariah (2020) Implementasi Budaya Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Dalam Membentuk Pendidik Profesional. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
DISERTASI.MAHARIAH.17.11.2020.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi dan menganalisis secara kritis implementasi budaya akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (Prodi PAI FITK UIN Sumatera Utara) dalam kaitannya dengan upaya membentuk mahasiswa menjadi pendidik profesional. Secara lebih terperinci penelitian ini bertujuan; pertama, untuk menganalisis implementasi norma akademik di Prodi PAI FITK UIN Sumatera Utara dalam membentuk pendidik profesional. Kedua, menganalisis implementasi aktivitas akademik mahasiswa Prodi PAI FITK UIN Sumatera Utara dalam kaitannya dengan upaya membentuk mahasiswa menjadi pendidik profesional. Ketiga, menganalisis implementasi karya akademik Prodi PAI FITK UIN Sumatera Utara dalam kaitannya dengan upaya membentuk mahasiswa menjadi pendidik profesional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sosiologi pendidikan dijadikan sebagai pisau analisis dalam mengelaborasi temuan-temuan dalam penelitian ini. Prosedur wawancara, observasi, studi dokumen dan skala merupakan teknik inventarisasi data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil analisis terhadap temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi budaya akademik mahasiswa Prodi PAI FITK UIN Sumatera Utara dalam upaya membentuk guru PAI yang profesional dan berkarakter Islami telah diwujudkan melalui implementasi tiga unsur budaya akademik yang pantulannya tampak pada upaya implementasi norma akademik, implementasi aktivitas akademik serta implementasi karya akademik mahasiswa Prodi PAI. Pertama, norma akademik dalam konteks Prodi PAI merupakan konkretisasi dari visi dan misi Prodi PAI itu sendiri. Dalam konteks implementasi norma akademik di lingkungan Prodi PAI, visi dan misi dijadikan sebagai organic matter untuk mengembangkan norma akademik. Dalam upaya implementasi pengembangan norma akademik, setiap keping kalimat yang tercantum dalam visi dan misi menjadi bahan baku bagi Prodi PAI untuk memproduksi norma akademik. Visi dan misi sekaligus dijadikan sebagai acuan dalam implementasi pengembangan norma akademik. Manifestasinya tampak pada kesesuaian antara visi yang diusung dengan norma akademik yang diberlakukan. Norma akademik Prodi PAI sejalan dengan upaya untuk membentuk mahasaiswa menjadi pendidik Profesional. Kedua, implementasi aktivitas akademik di lingkungan Prodi PAI diselenggarakan dengan basis kemitraan dosen dan mahasiswa, kendati penerapannya belum begitu optimal. Aktivitas akademik dikembangkan melalui tiga aktivitas pokok; aktivitas akademik di dalam kelas, aktivitas FOTO IMPLEMENTASI BUDAYA AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FITK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA DALAM MEMBENTUK PENDIDIK PROFESIONAL Mahariah iv akademik di luar kelas serta aktivitas akademik di luar kampus. Implementasi ketiga bentuk aktivitas akademik tersebut selaras dengan upaya menyiapkan guru profesional dan berkarakter Islami. Ketiga, implementasi karya akademik di lingkungan Prodi PAI berkaitan erat dengan implementasi aktivitas akademik. Karya akademik itu sendiri merupakan resultan dari aktivitas akademik. Implementasi karya akademik di kalangan mahasiswa Prodi PAI dilakukan dengan mengupayakan peningkatan keterampilan menulis dan kemampuan meneliti. Keterampilan menulis dan kemampuan meneliti di kalangan mahasiswa Prodi PAI belum bisa dikatakan istimewa. Terdapat serangkaian upaya yang diusung oleh internal Prodi PAI untuk meningkatkan keterampilan menulis dan kemampuan meneliti di kalangan mahasiswa. Namun, sebagian upaya tersebut ada yang dilakukan hanya sebatas upaya sporadis semacam workshop yang frekuensi pelaksanaannya belum begitu intens.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 10 Dec 2020 14:00
Last Modified: 10 Dec 2020 14:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10100

Actions (login required)

View Item View Item