Strategi Komunikasi Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Dalam Upaya Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama Di Kota Medan

Wikanda, Fauzi (2020) Strategi Komunikasi Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Dalam Upaya Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama Di Kota Medan. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Fauji-Disertasi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah untuk memberikan jawaban terhadap masalah strategi komunikasi, media komunikasi, hambatan komunikasi dan etika komunikasi Islam yang diterapkan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam upaya menjaga kerukunan antar umat beragama di kota Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan alasan untuk memahami permasalahan dalam setting alamiahnya dan menginterpretasikan fenomena berdasarkan pemaknaan yang diberikan informan, juga karena penelitian ini bersifat multidimensi yang merupakan akibat dari kompleksitas situasi yang beragam, sehingga perlu dianalisis konteks yang mengitarinya. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, FKUB menerapkan tiga strategi komunikasi yaitu: (1) memilih dan mengutus komunikator yang akan menyampaikan pesan kerukunan sesuai dengan keahlian komunikator, (2) menetapkan target sasaran, (3) menyusun pesan secara informatif; persuasif; dan mendidik. Kedua, FKUB menggunakan tiga media yaitu (1) media cetak berupa surat kabar, majalah, dan buku panduan pendirian rumah ibadah, (2) media elektronik berupa hand phone, televisi, dan radio, (3) media online berupa website, facebook, twitter, e-mail. Ketiga, terdapat lima hambatan yang dihadapi FKUB yaitu (1) hambatan sosiologis berupa perbedaan pemahaman antara komunikator dengan komunikan, (2) hambatan fisik berupa tidak disiplinnya komunikan, (3) hambatan mekanis berupa gangguan pada suara mikropon, cahaya infokus, dan sinyal jaringan internet, (4) hambatan fisiologis berupa perbedaan dalam aspek adat istiadat, budaya, persepsi, dan nilai-nilai yang dianut, (5) hambatan sematik berupa kata-kata yang disampaikan kurang jelas. Keempat, terdapat kesesuaian penerapan strategi komunikasi FKUB dengan prinsip dan etika komunikasi Islam, yaitu: (1) komunikasi yang dilakukan berlandaskan Alquran dan Sunnah Rasulullah, (2) komunikasi dilakukan dengan lemah lembut, sopan, dan dan tidak menggurui, (3) komunikasi yang dilakukan tidak menyudutkan orang dan kelompok lain, (4) berdialog dengan cara yang baik.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Dec 2020 14:56
Last Modified: 07 Dec 2020 14:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10088

Actions (login required)

View Item View Item