Pengaruh Opini Audit, Audit Delay, Dan Financial Distress Terhadap Auditor Switching (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Arisa, Wendi (2020) Pengaruh Opini Audit, Audit Delay, Dan Financial Distress Terhadap Auditor Switching (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI (WENDI ARISA).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh opini audit, audit delay dan financial distress terhadap auditor switching pada perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan sumber data yang diperoleh yaitu data sekunder. Populasi penelitian ini adalah perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian berjumlah 30 perusahaan jasa dengan menggunkan laporan keuangan tahunan dan memiliki data yang lengkap sesuai dengan variabel-variabel yang digunakan selama tahun 2014- 2018. Pengambilan sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah auditor switching (pergantian auditor) dan variabel independen adalah opini audit, audit delay dan financial distress. Metode yang digunakan adalah dokumentasi dan analisis data menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Nagelkerke R Square sebesar 0,475, yang berarti opini audit, audit delay dan financial distress dapat menjelaskan 47% terhadap auditor switching dan sisanya dipengaruhi variabel lain di luar dari penelitian ini. Berdasarkan hasil Uji secara parsial menunjukkan bahwa opini audit, audit delay berpengaruh positif dan signifikan terhadap auditor switching sedangkan financial distress berpengaruh negatif terhadap auditor switching. Berdasarkan hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa opini audit, audit delay dan financial distress secara simultan berpengaruh terhadap auditor switching

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Dec 2020 05:24
Last Modified: 07 Dec 2020 05:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10078

Actions (login required)

View Item View Item