Strategi Pemasaran yang Efektif Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Simpel iB pada Bank Sumut KCP Syariah H.M. Joni Medan

Maslaini, Inong (2019) Strategi Pemasaran yang Efektif Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan Simpel iB pada Bank Sumut KCP Syariah H.M. Joni Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INONG.pdf

Download (959kB) | Preview

Abstract

Tabungan Simpel iB adalah tabungan untuk para pelajar dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini. Tabungan Simpel iB merupakan tabungan berdasarkan akad mudharabah muthlaqah yang sesuai dengan prinsip syariah, berdasarkan akad yang digunakan maka pihak bank dapat menginvestasikan dana yang dititipkan oleh nasabah ke sektor apapun namun tetap sesuai dengan syariat islam dan nasabah yang menitipkan dananya pada bank akan mendapatkan bagi hasil. Besarnya nisbah bagi hasil merupakan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak bank dan telah diberitahukan kepada calon nasabah di awal sebelum nasabah membuka rekening. Produk tabungan Simpel (Simpanan Pelajar) merupakan produk tabungan yang diluncurkan oleh OJK pada tahun 2015, namun Bank Sumut KCP Syariah H.M. Joni Medan baru meluncurkan produk Simpel iB pada tahun 2016. Produk Tabungan Simpel iB bisa dikatakan masih baru, namun antusias masyarakat sangat positif, dibuktikan dengan meningkatnya jumlah nasabah setiap tahunnya. Dalam meningkatkan jumlah nasabah, Bank Sumut KCP Syariah H.M. Joni Medan pasti memiliki strategi dalam memasarkan produk tabungan Simpel iB. Lokasi penelitian dilaksanakan di Bank Sumut KCP Syariah H.M. Joni, disimpulkan bahwa strategi yang digunakan dalam meningkatkan jumlah nasabah adalah dengan promosi, baik langsung maupun tidak langsung. Strategi langsung yang dilakukan oleh Bank Sumut KCP Syariah H.M. Joni adalah strategi jemput bola, dimana pihak bank mendatangi sekolah-sekolah untuk menawarkan produk, dan strategi tidak langsung seperti, brosur dan website. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan Simpel iB pada Bank Sumut KCP Syariah H.M. Joni Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan dengan menggunakan observasi dan wawancara kemudian data di dikumpulkan dan dikelompokkan sehingga menjadi gambaran yang jelas dan terarah mengenai masalah yang diteliti. Dengan demikian berdasrakan hasil penelitian diharapkan pada masa yang akan datang Bank Sumut KCP Syariah H.M. Joni Medan dapat mempertahankan penghimpun dananya dan dapat memaksimalkan pemasarannya guna meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan Simpel iB.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah D3 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Dec 2020 04:22
Last Modified: 07 Dec 2020 04:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10077

Actions (login required)

View Item View Item