Pemanfaatan Sistem E-Planning Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Studi Kasus Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Medan

Rahmadani, Rahmadani (2020) Pemanfaatan Sistem E-Planning Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Studi Kasus Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHMADANI-EKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

E-planning adalah sebuah alat sistem informasi perencanaan untuk penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah. Namun BAPPEDA Kota Medan mengalami beberapa kendala diantaranya keterlambatan proses menginput data sehingga e-planning tersebut belum digunakan secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan sistem E- Planning dalam Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Medan, apa saja hambatan-hambatan dalam penerapan sistem e-planning dan bagaimana upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam penerapan sistem e-planning di BAPPEDA Kota Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapannya pemanfaatan sistem e-planning sudah dilakukan dengan baik namun terdapat beberapa hambatan yaitu, sumber daya manusia yang belum merata pada perencanaan pembangunan daerah, inkonsistensi perencanaan pembangunan karena tekanan politisi dan seringnya perubahan yang terjadi. Adapun cara BAPPEDA Kota Medan untuk mengatasi hambatan tersebut dengan melakukan pelatihan, diberlakukannya e-planning dan mengikuti perubahan yang ada dengan cepat dan tepat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-planning, pemanfaatan, pembangunan.
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Dec 2020 05:30
Last Modified: 04 Dec 2020 05:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10064

Actions (login required)

View Item View Item